Pada tanggal 1 Februari, aplikasi tersebut dirilis di Google Play Store dan Apple App Store, berhasil membuka basis data 60.000 lagu dan 4 miliar daftar putar untuk pengguna di Korea. Beberapa layanannya termasuk layanan kurasi yang dipersonalisasi dan opsi untuk menikmati musik sambil aktif di platform lain seperti Instagram dan Facebook serta di perangkat seperti LG TV, Microsoft Xbox, dan lainnya.
Tim editor musik Spotify juga mengungkapkan playlist unik untuk Korea. Tim terus memperbarui daftar putar mereka berdasarkan studi mereka terhadap semua daftar putar yang dibuat oleh 320 juta pengguna mereka. Seperti yang disebutkan, Spotify adalah pelopor dalam merekomendasikan musik kepada pengguna secara personal. Beberapa playlist ini termasuk "Daily Mix", daftar musik favorit dan musik baru seseorang, "New Weekly Recommendations", daftar putar yang mencerminkan selera musik seseorang yang biasanya diperbarui setiap hari Senin, dan "Release Radar", daftar putar yang merekomendasikan musik baru yang mungkin sesuai dengan preferensi seseorang yang diperbarui setiap hari Jumat.
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah musik yang didistribusikan oleh KakaoM tidak akan tersedia di Spotify. Karena perusahaan distribusi tersebut menampung empat label dan artis seperti IU, ini merupakan kerugian besar bagi Spotify. Pangsa distribusi musik KakaoM mencapai 37,5 persen pada tahun lalu.
Seberapa baik Spotify mengamankan konten musik adalah faktor kunci daya saingnya di pasar domestik. Oleh karena itu, diharapkan banyak perhatian akan diberikan pada seberapa baik Spotify mengamankan kontrak musik. Terutama dengan hubungan yang sudah terjalin antara KakaoM dan Melon serta CJ dan Genie Music, tidak jelas apakah Spotify akan dapat memperoleh musik dengan lancar. Dalam kasus Apple Music, Apple Music memasuki pasar Korea pada tahun 2016 tetapi gagal mencapai sukses awal karena kesulitan dalam mengamankan musik domestik dan telah menunjukkan pangsa pasar yang rendah sejak saat itu.
Park Sang Wook, direktur pelaksana cabang Korea, menyatakan,
"Kami telah bekerja sama dengan artis, label, dan perusahaan distribusi untuk memberikan kualitas layanan yang akan memuaskan pengguna domestik dan artis."
Dia juga menekankan bahwa segala usaha akan dilakukan untuk memajukan industri musik Korea.
Alex Norstrom, Chief Premium Business Officer Spotify, berkata,
"Kami sangat senang mengumumkan perilisan resmi yang telah lama ditunggu oleh penggemar musik dan artis Korea. Kami akan membantu lebih banyak artis Korea terhubung dengan penggemar tidak hanya di Korea tetapi juga di seluruh dunia. Kami akan bekerja dengan pemain lain di industri ini untuk memberikan pengalaman musik yang luar biasa bagi pengguna di Korea."
Source : (1)
0 komentar:
Posting Komentar